5 Tips Mudah Bisa Bangun Pagi Setiap Hari

Bangun pagi memang sudah menjadi kebiasaan dan keharusan bagi orang-orang yang produktif. Namun bagi sebagian orang, menjadikan bangun pagi sebagai sebuah kebiasaan bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang merasakan kesulitan untuk bangun pagi. Diantaranya adalah insomnia, kelelahan, kekurangan nutrisi dan stress. Padahal bangun pagi merupakan hal yang baik untuk dibiasakan karena bisa mendorong kita menjadi lebih banyak beraktivitas.


Bagi yang merasakan kesulitan membiasakan bangun di pagi hari, ada beberapa tips untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini lima tips agar lebih mudah membiasakan bangun pagi.

Mengubah kebiasaan di malam hari:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah kebiasaan pada malam hari. Kebiasaan-kebiasaan tersebut meliputi:

a. Tidur lebih awal

Membiasakan tidur lebih awal akan membuat kualitas tidur lebih baik karena waktu tidur menjadi lebih lama. Jika tubuh terlalu lelah, tidur lama dibutuhkan guna mengembalikan energi. Untuk membiasakan hal ini, mulailah dengan membatasi aktivitas di malam hari da n tetapkan jam tidur.

Selain menetapkan jam tidur dan membiasakannya, tetapkan juga waktu ketika bangun. Alarm bisa digunakan untuk membantu bangun lebih pagi dari biasanya.

Agar tidur lebih cepat, bisa dengan mematikan lampu, menjauhi kegiatan di depan layar baik HP, televisi maupun laptop, serta usahakan membaca dengan lampu yang redup. Membaca bisa membantu relaksasi sehingga membantu Anda cepat tidur.


b. Menghindari minum kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang harus dihindari pada malah hari karena mengandung caffeine yang membuat seseorang kesulitan untuk tidur.

c. Menjauhi ponsel

Ketika jam tidur sudah tiba, hindari berdekatan dengan ponsel pintar karena radiasinya bisa mengganggu. Radiasi sinar biru bisa membuat kualitas tidur menurun.
Meningkatkan kenyamanan ketika tidur

Kualitas tidur yang baik bisa membantu untuk bangun lebih pagi. Agar tidur berkualitas karena nyaman, bisa dengan menggunakan pakaian yang nyaman, merapikan kamar dan mematikan lampu.

Membatasi tidur siang

Jika memiliki kebiasaan tidur siang, biasakanlah untuk membatasi waktu tidur siang. tidur siang dalam waktu yang lama mengakibatkan kesulitan untuk tidur lebih awal. Setidaknya tidurlah maksimal satu jam setiap harinya agar pada malam hari badan dalam kondisi yang baik sehingga mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Temukan motivasi yang kuat

Jika sudah terbiasa bangun kesiangan, maka membiasakan bangun pagi cukup sulit untuk dilakukan dan perlu usaha ekstra agar bisa bangun lebih pagi. Salah satu caranya adalah memotivasi diri untuk bangun pagi dengan alasan yang cukup kuat.

Contoh motivasi diri adalah pekerjaan baru, olahraga sebelum bekerja agar hidup menjadi lebih sehat atau karena hal-hal lainnya yang menurut Anda menarik.

Lakukan hal ini ketika bangun

Selain mengubah kebiasaan pada malam hari agar bisa bangun pagi, ada pula beberapa hal yang harus dibiasakan ketika sudah bangun di pagi hari. Salah satu contohnya adalah membuat snooze alarm sesusah mungkin agar Anda tidak merasa kantuk kembali dan tidak menginginkan kembali.

Setelah bangun, duduklah dengan tegak sejenak, kemudian buka jendela dan nyalakan lampu kamar. Adanya cahaya yang masuk ke kamar bisa membantu menghilangkan rasa kantuk yang tersisa.

Cara-cara di atas mungkin cukup sulit untuk dilakukan pada awal mencoba. Namun sesulit apapun harus tetap dibiasakan dengan melakukannya setiap hari. Lakukan setiap hari dan evaluasi perubahannya di akhir pekan.