Pilih Rumah Lantai 2 Atau Lantai 1? Ini Untung Ruginya

Membangun sebuah rumah memerlukan pertimbangan yang sangat banyak. Anda harus mempertimbangkan lokasi rumah, bahan bangunan yang akan digunakan, bahkan desain rumah yang akan Anda tempati. Hal lain yang cukup membuat banyak orang menjadi bimbang adalah akan membangun rumah dengan lantai 1 atau lantai 2. Baik rumah lantai 1 atau lantai 2, terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing.



Kelebihan dan Kekurangan Rumah Lantai 1 dan Rumah Lantai 2

Jika Anda bimbang dan ragu untuk membangun rumah lantai 1 atau lantai 2, perhatikan beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

1. Rumah Lantai 1

Rumah lantai 1 dibangun dengan menggunakan desain 1 lantai. Jika tanah yang Anda miliki cukup luas, maka membangun rumah dengan desain lantai 1 pun Anda tetap memiliki ruangan yang cukup luas. Kelebihan yang bisa dinikmati bagi pemilik rumah dengan lantai 1 adalah tidak harus ada tangga di dalam rumah.

Pengawasan terhadap akses masuk keluar rumah pun akan menjadi lebih terkontrol. Jika suatu saat Anda ingin membuat tangga di dalam rumah, Anda bisa mendesain rumah Anda menjadi split level. Dari luar rumah, rumah Anda tetap terlihat seperti rumah lantai 1. Namun di dalam rumah, Anda akan merasakan rumah dengan 2 lantai. Menarik bukan?

Budget yang diperlukan untuk membangun rumah lantai 1 juga lebih kecil dibandingkan dengan membangun rumah dengan lantai 2. Desain rumah yang akan dibangun pun menjadi lebih sederhana. Jadi, Anda tidak perlu menyewa jasa arsitek yang mahal untuk mendesain rumah Anda. Toh, rumah lantai 1 juga tidak akan terlihat desainnya dari luar karena tertutup oleh pagar.

Kelemahan dari rumah lantai 1 adalah ruangan yang cukup terbatas. Jika Anda tidak memiliki tanah yang cukup luas, maka ruangan yang Anda miliki akan sangat terbatas. Ruangan pribadi akan terbatas pada kamar tidur saja. Jadi, Anda harus pandai-pandai untuk membagi ruang.

2. Rumah lantai 2

Dibandingkan dengan rumah lantai 1, Anda akan memiliki ruangan yang cukup banyak dengan membangun rumah lantai 2. Akan ada banyak ruang kosong yang Anda miliki. Anda bisa membagi-bagi ruangan dengan mudah. Meskipun Anda memiliki lahan yang terbatas, Anda bisa membangun rumah dengan banyak ruangan.

Rumah lantai 2 juga cukup menarik untuk dicoba di era yang modern ini. Anda bisa mengadopsi rumah-rumah lantai 2 dengan desain terbaik untuk mendapatkan penataan ruang yang sempurna. Desain rumah dengan lantai 2 juga akan membuat Anda memiliki pemandangan yang lebih indah daripada rumah lantai 1.

Anda bisa melihat pemandangan sekitar dari lantai dua rumah Anda. Anda bisa membangun balcony di lantai 2 sebagai tempat yang paling nyaman untuk bersantai di lantai 2. Kebutuhan ruang pun akan menjadi terpenuhi. Apalagi untuk Anda yang memiliki anggota keluarga yang banyak.

Kelemahan dari rumah lantai 2 adalah budget yang dibutuhkan akan menjadi lebih mahal. Belum lagi Anda harus mendesain rumah lantai 2 Anda dengan sebaik-baiknya agar nampak indah jika dilihat dari luar pagar.

Kelemahan lain dari rumah dengan desain lantai 2 adalah mengharuskan adanya tangga sebagai akses dari lantai 1 ke lantai 2. Ini akan membuat penghuni rumah senior atau yang sudah tua menjadi sulit untuk naik turun tangga berkali-kali. Oleh karena itu, sediakanlah ruang atau kamar tidur di lantai 1 yang diperuntukkan untuk penghuni rumah senior.

Mau bangun rumah lantai 1 atau pun 2, semua memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Pikirkan dengan baik kelebihan dan kelemahan di atas sebelum membangun rumah Anda.