Cara Menghitung Biaya Listrik Perbulan Anak Kosan

Salah satu kebutuhan yang tidak bisa dihindari oleh anak kos adalah kebutuhan listrik. Beberapa fasilitas kos memiliki aturan beragam mengenai urusan pembayaran listrik. Ada yang mengharuskan iuran listrik sekian banyak da nada yang berdasarkan perhitungan pemakaian jika fasilitas listrik yang dibedakan setiap kamarnya.


Agar pembayaran listrik sesuai dengan listrik yang digunakan, ketahui cara menghitung biaya listrik perbulan khusus bagi anak kos.

3 Cara Menghitung Biaya Listrik Kos

Sebelum menghitung biaya listrik, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu guna mendapatkan perhitungan yang tepat.

Mengetahui golongan daya listrik

Setiap daya listrik yang dipasang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Sebelum melakukan perhitungan, ketahui daya terlebih dahulu karena akan berpengaruh terhadap tarif listrik. Perlu dipahami bahwa golongan daya menentukan golongan tarif listrik.

Jenis-jenis golongan listrik yang ada cukup beragam meliputi 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA. Untuk mengetahuinya, tanyakan kepada pemilik kos atau hubungi PLN melalui call centre.

Cek daya perabotan

Setelah mengetahui golongan daya listrik yang dipasang, kini saatnya mengetahui perabotan yang menggunakan listrik. Buatlah daftar perabotan yang akan selalu menggunakan listrik. Ponsel, laptop, kompor listrik, teko listrik, setrika, dan lampu biasanya menjadi perabotan utama yang paling sering menggunakan listrik.

Setelah menuliskan daftarnya, kini tuliskan daya yang dibutuhkan setiap perabotan di atas. Sebagai contoh adalah setrika memerlukan daya 200 watt, mesin cuci 350 watt serta total lampu yang digunakan 150 watt. 

Membuat estimasi konsumsi listrik per hari

Setelah menuliskan daftar perabotan yang membutuhkan listrik serta mengetahui daya yang dibutuhkan, kemudian buatlah estimasi biaya listrik dari keseluruhan. Perhitungan ini sebagai estimasi kebutuhan listrik per hari.

Cara menghitungnya cukup mudah. Sebagai contoh jika menggunakan total lampu 150 watt setiap hari selama 12 jam, maka perhitungannya adalah 150x12=1800 watt. kemudian setrika listrik yang memiliki daya 200 watt yang digunakan selama satu jam setiap harinya memiliki perhitungan: 200 watt x 1 jam yang sama dengan 200 watt.

Untuk menghitungnya, kalikan jumlah daya dengan lama waktu penggunaan dalam hitungan jam.

Estimasi biaya listrik setiap bulan.

Terakhir adalah menghitung estimasi biaya listrik selama satu bulan. Untuk mengetahuinya, jumlahkan semua daya listrik dari langkah sebelumnya (langkah nomor 3). Kemudian kalikan dengan biaya listrik.

Sebagai contoh jika penjumlahan semua dayanya adalah 17.000 watt dalam sebulan. Kemudian anggaplah golongan daya listrik yang dipasang adalah 3.300 VA yang memiliki tarif dasar Rp 1.500 per kWH.

Maka perhitungannya adalah sebagai berikut: 17.000 watt sama dengan 17 kWh. 17 kWh dikalikan dengan RP 1.500 adalah Rp 25.500. kemudian kalikan dengan 30 untuk estimasi biaya bulanan yang kemudian menghasilkan angka RP 765,000.

Setelah mengetahui hasilnya, itu berarti biaya listrik sebulan diperkirakan kurang lebih Rp 765,000.

Perlu diingat bahwa setiap golongan daya listrik memiliki tarif yang berbeda. Biaya estimasi listrik Anda mungkin lebih murah atau lebih mahal tergantung dengan barang-barang yang digunakan.